Home / contoh teks / 12+ Pola Teks Laporan Hasil Observasi Ilmiah, Binatang Dan Tumbuhan

12+ Pola Teks Laporan Hasil Observasi Ilmiah, Binatang Dan Tumbuhan

12 Contoh Teks Laporan Hasil Observasi Ilmiah, Hewan dan Tumbuhan – Dalam sebuah penelitian tentunya tak sanggup dilepaskan dari adanya sebuah observasi. Observasi tersebut dilakukan untuk mengumpulkan data data yang diharapkan dalam sebuah penelitian. Untuk itu observasi sanggup dikatakan sebagai teknik pengumpulan data penelitian. Hasil observasi tersebut akan disusun dalam bentuk laporan. Lalu bagaimana pola teks laporan hasil observasi yang benar? Pembuatan pola teks hasil observasi tersebut tentunya tak terlepas dari adanya struktur dan kaidah kebahasaan yang terdapat dalam teks. Teks laporan observasi tersebut sanggup bertemakan ilmiah, hewan, tumbuhan dan sebagainya.

 Contoh Teks Laporan Hasil Observasi Ilmiah 12+ Contoh Teks Laporan Hasil Observasi Ilmiah, Hewan dan Tumbuhan
Membuat Teks Laporan Hasil Observasi

Apa itu teks laporan observasi? Teks laporan observasi yakni teks yang berisi penterangan informasi seputar hal tertentu sesuai dengan faktanya menyerupai hewan, ilmiah, tumbuhan, fenomena alam dan sebagainya. Contoh teks hasil observasi tersebut berisi penjelasan subkelas dan kelas yang diubahsuaikan dengan pengamatan yang telah dilakukan sebelumnya. Nah dalam pembahasan kali ini admin akan membagikan sedikit pola teks laporan hasil observasi ilmiah, binatang dan tumbuhan. Untuk lebih terangnya sanggup anda baca di bawah ini.

12 Contoh Teks Laporan Hasil Observasi Ilmiah, Hewan dan Tumbuhan

Sebagaimana yang sudah admin terangkan bahwa teks laporan observasi merupakan teks yang menterangkan hasil observasi sesuai dengan kenyataan dan fakta yang ada kemudian disusun secara objektif dan sistematik. Maka dari itu pola teks hasil observasi berisi pendiskripsian sifat umum, bentuk dan ciri dari sebuah objek. Objek observasi yang sanggup dipakai tersebut beraneka macam menyerupai manusia, benda, hewan, insiden yang pernah terjadi, tumbuhan dan lain lain. Pembuatan pola teks laporan hasil observasi bertujuan untuk memberikan informasi secara apa adanya seputar jenis pembagian terstruktur mengenai tertentu. Laporan tersebut juga harus diubahsuaikan dengan kriteria hasil pengamatan yang objektif dan sistematis. Dengan begitu masalah sanggup dipecahkan dengan hipotesis.

Baca juga :  8 Contoh Teks Laporan Hasil Observasi pada Tumbuhan, Hewan, Alam dan Lingkungan Lengkap

Sebenarnya kita sanggup menemukan bermacam pola laporan hasil observasi di bermacam media dengan cakupan bahasan di bermacam bidang pula. Jika kita merupakan murid sekolah menengah atas, tentunya kita sanggup menemukan pola teks ini dengan gampang di perpustakaan. Teks laporan hasil observasi sebetulnya juga telah masuk dalam kurikulum pendidikan, jadi sudah niscaya kita mendapat pelajaran tersebut.

Dibawah ini terdapat sedikit pola teks laporan hasil observasi ilmiah, pola teks laporan observasi perihal hewan, pola teks hasil observasi perihal tumbuhan dan sebagainya. Berikut pola teksnya yaitu meliputi:

Contoh Teks Laporan Hasil Observasi Singkat

Laporan Hasil Observasi Lingkungan Sekolah
Sekolah Menengah Pertama 4 Sukabumi merupakan salah satu sekolah yang berlokasi di Jalan Sukabumi. Sekolah ini termasuk sekolah yang lingkungannya higienis dan sehat alasannya didalam sekolah tersebut terdapat dua jenis lingkungan menyerupai lingkungan abiotik (benda mati) dan lingkungan biotik (benda hidup). 
Lingkungan hidup (biotik) yang terdapat disekolah tersebut mencakup pohon besar dan tumbuhan hias yang dirawat dengan baik. Pohon pohon besar dipakai sebagai daerah naungan di lingkungan sekolah sesampai kemudian suasananya lebih sejuk dan teduh. Sedangkan lingkungan mati (abiotik) yang terdapat di sekolah mencakup peralatan sekolah, properti sekolah, dan gedung sekolah.
Di sekolah Sekolah Menengah Pertama Sukabumi terdapat lingkungan hidup yang di awali dari halaman depan sekolah. Di depan sekolah diberikan sedikit tumbuhan hias yang sangat indah. Selain itu di dalam sekolah juga terdapat taman yang ditumbuhi oleh rerumputan dan bermacam tanaman. Di lingkungan sekolah tersebut terdapat sedikit daerah yang diberikan tumbuhan hias menyerupai di depan kelas, di ruang kepala sekolah dan di depan ruang guru.
Di Sekolah Menengah Pertama Sukabumi terdapat bermacam-macam tumbuhan hias menyerupai bungan mawar, bunga asoka, bunga bougenville, bunga kembang sepatu, bunga lili, bunga alamanda, bunga amarilis, bunga anggrek dan bungan kemuning. Semua jenis bunga tersebut tertata rapi dan bagus di halaman sekolah dan di daerah dalam sekolah lainnya alasannya di rawat dengan baik. Di Sekolah Menengah Pertama Sukabumi juga terdapat sedikit jenis pohon besar menyerupai pohon mangga, pohon bambu Jepang ukuran kecil, pohon bambu kuning, pohon beringin, pohon cemara, pohon beringin karet, pohon jeruk dan sebagainya. Bahkan di halaman belakang pekarangan kelas juga terdapat sedikit tumbuhan lain menyerupai singkong dan jagung.

Catatan : Dalam pola teks hasil observasi terdapat struktur teks yang mencakup pernyataan umum atau pembagian terstruktur mengenai dan paragraf yang isinya faktor observasi. Struktur pembagian terstruktur mengenai berisi informasi hasil observasi seputar objek yang diamati. Sedangkan untuk struktur kepingan kedua dalam pola teks laporan hasil observasi berisi informasi objek yang lebih rinci dan disusun secara teratur, mulai dari awal hingga simpulan teks laporan observasinya.

Hasil kebun tersebut mempunyai kegunaan untuk dikonsumsi bersama (guru dan siswa) dan untuk penelitian biologi. Di dalam Sekolah Menengah Pertama Sukabumi ini terdapat lingkungan abiotik menyerupai gedung seolah yang terdiri dari ruang guru, ruang tata bisnis, ruang kepala sekolah, perpustakaan, aula, ruang kelas siswa, kantin, gudang, koperasi, UKS dan kamar mandi. Kemudian di sekolah juga terdapat peralatan menyerupai meja bangku untuk siswa, papan tulis, globe, lemari, alat peraga biologi, layar LCD proyektor, buku, dan sebagainya. Untuk peralatan olahraga sekolah terdiri dari bola basket beserta ring, bola tenis, jaring voli, bola sepak, jaring bulutangkis, bola voli dan lain lain.
Di dalam sekolah terdapat lapangan olahraga untuk bermain sepakbola, voli, basket, lapangan khusus daerah parkir siswa dan guru, serta lapangan upacara. Sekian hasil observasi lingkungan sekolah di Sekolah Menengah Pertama Sukabumi yang berupa lingkungan abiotik (benda mati) dan lingkungan biotik (benda hidup). Seluruh warga sekolah harus terdapat kesadaran untuk merawat, memelihara dan menjaga kedua jenis lingkungan tersebut semoga tetap asri, higienis dan rapi.

Baca juga : 8 Contoh Teks Laporan Hasil Observasi Singkat (Laporan Hasil Observasi Dan Strukturnya)

Contoh Teks Laporan Hasil Observasi Tentang Hewan

Hasil observasi perihal Komodo
Siapa yang tak kenal dengan komodo? Komodo merupakan jenis binatang melata paling besar yang dilindungi oleh negara Indonesia. Tempat hidup komodo berada di sejumlah hutan dan semak semak belukar yang terdapat di Indonesia. Bahkan di Indonesia, Komodo termasuk binatang melata paling berat alasannya tubuhnya terdapat berat sekitar 100 kg atau lebih.
Di Indonesia pernah ada komodo terbesar dengan panjang hingga 3 meter dan berat 166 kg. Pada umumnya Komodo terdapat pajang 2,5 meter dan berat 91 kg. Tenamun sedikit jenis Komodo di Indonesia sanggup mencapai berat dan panjang yang lebih dari rata rata. Kulit komodo berwarna debu abu, tungkai lengannya kuat, bersisik, ekornya berotot dan bentuk moncongnya lancip. Komodo memakai indera penciuman yang besar lengan berkuasa untuk mendeteksi letak mangsanya menyerupai bangkai binatang. Ia akan tetap sanggup mencium baunya meskipun jarak mangsa tersebut berada di sedikit meter ke depan.
Kemudian komodo juga sanggup memangsa binatang melata menyerupai binatang mamalia ukuran besar. Komodo terdapat gigi yang hampir semua bagiannya tertutup gusi, maka dari itu kepingan giginya tak sanggup dilihat. Yang unik dalam komodo yakni gusinya akan berdarah dikala lagi mengunyah dan makan alasannya inilah yang menjadi media berbahaya dalam perkembangan bakteri.
Di dalam lisan komodo terdapat basil hidup yang menjadikan darah korban menjadi keracunan dikala ia gigit. Mangsa komodo akan digigit olehnya dan dibuntuti hingga tak sanggup pergi dan alhasil lemas. Tenamun kini komodo dalam keadaan yang terancam punah. Hal ini disebabkan habitat komodo yang rusak dan kaya pemburu komodo yang tak bertanggung jawab.

Baca Juga:   18 Teladan Recount Text Singkat Terbaru Beserta Strukturnya

Contoh Teks Laporan Hasil Observasi Tentang Tumbuhan

Jenis tumbuhan (tumbuhan) langka yang ada di Indonesia cukup beragam. Hal ini disebabkan Indonesia termasuk negara yang bertanah subur dan beriklim tropis. Meskipun begitu jenis tumbuhan langka yang terdapat di Indonesia sudah tergolong punah. Adapun sedikit jenis tumbuhan di Indonesia yang termasuk langka seperti:
Bunga Bangkai
Jenis tumbuhan langka yang pertama yakni bunga bangkai. Bunga bangkai terdapat nama orisinil yakni Raflesia Arnoldi dengan ukuran bunga yang cukup besar dan baunya tak sedap. Bau menyengat dan tak sedap ini mempunyai kegunaan untuk menarik perhatian binatang menyerupai serangga dan lalat. Binatang ini mempunyai kegunaan untuk membantu proses penyerbukan bunga bangkai,
Bunga bangkai pada awalnya tumbuh dan berkembang di hutan Sumatera, namun dipindahkan ke Bandung alasannya hampir punah. Berdasarkan observasi yang dilakukan, dikala mekar bunga bangkai akan terdapat kelopak yang warnanya putih. Sedangkan warna mahkota bunganya yakni merah keunguan. Bunga ini tampil dengan kokoh, namun hanya sanggup hidup selama 7 hari saja.
Tumbuhan Damar
Jenis tumbuhan langka selanjutnya yakni tumbuhan damar. Berdasarkan hasil observasi, asal tumbuhan damar yakni di negara Indonesia. Damar sanggup tumbuh dengan ketinggian mencapai 60 meter. Karena kini ini damar didayagunakan secara berlebihan menjadikan tumbuhan tersebut sulit ditemukan. Khasiat dari tumbuhan damar yaitu untuk diambil getahnya dan dibentuk menjadi vernis, cairan pelapis kertas dan kaca.

Catatan : Contoh teks laporan hasil observasi terdapat ciri ciri teks didalamnya seperti objektif, universal, sistematis, faktual, objek yang diobservasi dan tak terdapat epilog laporan. Ciri ciri inilah yang membedakan pola teks hasil observasi dengan pola teks lainnya. Jika anda menemukan ciri ciri teks laporan observasi di atas, maka sudah sanggup dipastikan bahwa teks ini merupakan teks laporan hasil observasi.

Kantong Semar
Jenis tumbuhan langka selanjutnya yakni kantong semar. Kantong semar tergolong sebagai jenis tumbuhan yang karnivora. Berdasarkan hasil penelitian, kantong semar sanggup memakan serangga yang ukurannya kecil menyerupai lebah, lalat dan semut. Serangga tersebut sanggup ditangkap dengan proses yang cukup unik yaitu kantung lisan pada tumbuhan kantong semar akan terbuka selebar cukup.
Kantung lisan pada tumbuhan ini terdapat cairan didalamnya yang menarik perhatian serangga serangga kecil. Ketika kantung lisan tersebut dimasuki oleh serangga kemudian kantung lisan pada tumbuhan kantong semar akan segera tertutup. Kantong semar dirawat di sedikit daerah di Indonesia semoga tetap sanggup berkembangbiak dan tak terancam punah.

Baca Juga:   12+ Rujukan Teks Rekaman Percobaan Singkat Dan Terbaru

Contoh Teks Laporan Hasil Observasi Pendek Sosial

Nasi Goreng Pak Kumis
Latar Belakang Masalah
Sekarang ini bisnis kecil menengah bekerjasama dengan perekonomian masyarakat alasannya telah menjadi persaingan bisnis kecil kecilan. Usaha kecil tersebut kaya sekali jenisnya sesampai kemudian membuat para wirabisniswan terus mencari cara semoga sanggup berlomba dalam pasar dan bisnisnya terus berkembang. Setiap wirabisniswan mencari taktik semoga bisnisnya tetap bertahan di tengah persaingan pasar dan tak tersisihkan.

Baca juga : 6 Contoh Teks Tanggapan Kritis Singkat Beserta Strukturnya

Di Indonesia, jumlah pengangguran sanggup dikurangi dengan melalui bisnis kecil menengah ini. Misalnya saja binis yang dilakukan wirabisniswan menyerupai dalam bidang kuliner. Hal ini disebabkan kuliner merupakan kebutuhan pokok yang tak sanggup ditinggalkan oleh manusia. Terlebih lagi apabila makanannya terdapat jenis yang lain dari yang lainnya. Salah satu jenis kuliner cepat saji yang cukup terkenal yakni nasi goreng.
Deskripsi Hasil Observasi
Jenis bisnis      : Kuliner
Nama bisnis    : Nasi Goreng Pak Kumis
Nama pemilik : Pak Kumis
Alamat bisnis  : Jalan Pemuda No. 5 Jakarta Selatan
Kegiatan         : Membuat nasi goreng dengan komplemen maritim yang berbeda menyerupai nasi goreng ikan asin, nasi goreng sosis, nasi goreng ayam, nasi goreng telur spesial, dan nasi goreng daging sapi.
Di pasaran, nasi goreng Pak Kumis ini tergolong cukup laku alasannya lauknya berbeda dengan nasi goreng lain, rasanya yummy dan porsi nasi gorengnya cukup kaya. Nasi goreng ini buka pukul 15.00 hingga 22.00 malam. Namun warung nasi goreng Pak Kumis kerap tutup terlebih dahulu sebelum waktunya dikarenakan telah habis.
Informasi Keuangan
Harga 1 porsi nasi goreng : Rp 10.000 – Rp 17.000
Pendapatan kotor per hari : Rp 700.000
Pendapatan higienis per hari : Rp 300.000
Kesimpulan
Bisnis masakan nasi goreng sanggup dimulai dengan cara yang mudah. Hal terpenting yang perlu diperhatikan merupakan bisnis yang keras dan niat. Selain itu berjualan nasi goreng juga harus menjaga kebersihan dan kualitas rasa dari nasi goreng itu sendiri. Dengan begitu jumlah pelanggan akan bertambah dan pelanggan setia akan selalu tiba untuk membeli nasi goreng.
Sekian sedikit pola teks laporan hasil observasi ilmiah, binatang dan tumbuhan yang sanggup admin bagikan. Pembuatan pola teks hasil observasi tersebut tak terlepas dari adanya struktur dan kaidah kebahasaan teks yang terdapat didalamnya. Adapun pengertian teks laporan observasi merupakan teks yang berisi penterangan informasi seputar hal tertentu sesuai dengan faktanya menyerupai hewan, ilmiah, tumbuhan, fenomena alam dan sebagainya. Semoga artikel ini sanggup bermanfaat dan terima kasih telah membaca.

About CerdaskanKita

Check Also

4 Pola Teks Dongeng Sejarah Singkat Beserta Strukturnya (5W1h)

Contoh Teks Cerita Sejarah Singkat Beserta Strukturnya – Teks kisah sejarah merupakan teks yang mempunyai kandungan …