16+ Pola Kisah Fantasi Singkat (Cerita Fiksi) Beserta Strukturnya

Posted on

6 Contoh Cerita Fantasi Singkat (Cerita Fiksi) Beserta Strukturnya – Teks dongeng fantasi atau teks dongeng fiksi merupakan sebuah karya tulis yang dibangun dan disusun menurut alur dongeng normal ibarat kekayaan dongeng pada umumnya. Yang membedakan teks dongeng fantasi bersifat fiksi atau hanya khayalan belaka dan tak cukup terjadi di dunia nyata. Umumnya teks dongeng fiksi ini akan berbentuk dongeng pendek fantasi yang didalamnya memuat alur dongeng yang terkesan menunjukkan khayalan semata.

Tentunya sangat menyenangkan apabila kita membahas teladan dongeng fantasi alasannya sifatnya yang diluar nalar dan alur dongeng yang menegangkan. Cerita fantasi ini sebenarnya sudah dikenalkan sejak kita masih kecil ketika orang bau tanah kita kerap menceritakan dongeng fiksi baik itu wacana legenda, inginpun karangan fiksi lainnya.

Karena perkembangan jaman, kita sanggup menemukan bermacam teladan dongeng fiksi dan teladan dongeng fantasi dengan mudah. Contoh teks dongeng fantasi ini kaya dimuat didalam novel novel, komik hingga kemudian tersebar luas di Internet dengan bermacam judul, alur dongeng dan struktur teks. Maka dari itu sebenarnya sangat gampang untuk mendapatkan salah satu teladan dongeng fiksi ini.

16 Contoh Cerita Fantasi Singkat (Cerita Fiksi) Beserta Strukturnya

Contoh dongeng fantasi beserta strukturnya intinya telah kita bahas dalam artikel sebelumnya yang berjudul Pengertian, Ciri ciri, Struktur dan Contoh Teks Cerita Fantasi yang menegaskan bahwa struktur dongeng fantasi intinya terdapat kesamaan dengan dongeng pendek (cerpen) pada umumnya. Teks dongeng fantasi ini sebenarnya juga sanggup dikategorikan kedalam teks dongeng pendek atau cerpen. Adapun struktur teks dongeng fantasi merupakan sebagai berikut:

  1. Orientasi : Tahap perkenalan alur, latar, penokohan dan sebagainya.
  2. Konflik : Tahap dimana mulai terjadi konflik atau awal mula permasalahan. Konflik sendiri sanggup dibagi menjadi awal konflik hingga kemudian titik puncak (puncak konflik).
  3. Resolusi : Resolusi merupakan tahapan dimana mulai ada titik terperinci sebagai jalan penyeesaian dari sebuah konflik.
  4. Ending : Ending merupakan hasil selesai dari sebuah resolusi. Ending sendiri sanggup dibagi menjadi happy ending (akhir bahagia) dan sad ending (akhir tak bahagia).

Contoh dongeng fiksi yang menggunakan gaya penulisan fantasi intinya sanggup kita temukan dengan gampang dalam kehidupan sehari hari. Contoh dongeng fiksi tersebut sanggup berupa buku, novel hingga kemudian film ibarat halnya novel eragon, harry potter, narnia dan lain sebagainya yang memuat kesan sihir, makhluk aneh dan lain sebagainya yang notabennya sangat bertentangan dengan kehidupan nyata. Meskipun hampir sama ibarat teladan dongeng pendek (cerpen) atau karangan lainnya, namun teladan dongeng fantasi sendiri terdapat ciri ciri khusus.

Contoh dongeng fiksi final fantasy XV

Adapun ciri ciri dongeng fantasi merupakan sebagai berikut:

  1. Memiliki ide dongeng yang tak dibatasi oleh realita atau kenyataan dunia (bersifat fiksi).
  2. Didalam dongeng terdapat kecacatan ibarat sihir, makhluk ajaib, inginpun sesuatu yang misterius.
  3. Penggunaan latar sanggup menembus ruang dan waktu.
  4. Tokoh yang terdapat keunikan tersendiri ibarat terdapat kekuatan super untuk menyelamatkan dunia.
  5. Karena dongeng fantasi menggunakan khayalan maka dongeng ini termasuk dalam kategori teladan dongeng fiksi.
Contoh dongeng fantasi yang sangat terkenal dan terkenal merupakan dongeng cerita berbasis novel ibarat eragon, trilogi harry potter, twilight, the hunger game, dan lain sebagainya. Cerita fiksi tersebut sanggup menjadi terkenal dan terkenal alasannya didalamnya memuat alur dongeng fantasi yang sangat menarik. Kaprikornus sanggup disimpulkan semakin menarik sebuah dongeng fiksi maka akan semakin kaya orang yang membacanya.

Baca Juga:   Pembahasan Un Bahasa Indonesia Perihal Cerpen

Berikut ini merupakan teladan dongeng fiksi beserta strukturnya yang sanggup admin sampaikan, Pada dasarnya anda daopat menemukan kaya sekali teladan cerpen fantasi pada bermacam sumber di internet. Namun tak ada salahnya apabila admin juga menunjukkan teladan teks dongeng fantasi. Langsung saja kita baca teladan teks dongeng fiksi dibawah ini.

Baca juga: Cara Penulisan Daftar Pustaka yang Benar Beserta Contohnya

Contoh Cerita Final Fantasy XV Kingsglaive

Lucis merupakan sebuah kerajaan sihir yang sangat tenang dibawah naungan dan kontribusi kristal ajaib, dan Nifleheim merupakan sebuah kekaisaran yang terdapat teknologi mesin yang sangat maju yang telah diciptakan oleh penemu dan ilmuan (magitek). Kedua belah pihak baik Lucis dan Nifleheim telah berperang untuk waktu yang sangat lama. Nifleheim yang terdapat mesin militer dan perkembangan teknologi yang tak sanggup dibendung mulai mendominasi negara negara yang dilaluinya.

Untuk mempertahankan kerajaannya, Lucis membentengi daerahnya dengan dinding aneh yang berasal dari kekuatan kristal aneh itu sendiri. Hanya Insomnia sendirilah yang menjadi kota sekaligus benteng pertahanan Lucis yang tak pernah tertembus oleh serangan Nifleheim. Setelah perang yang berkepanjangan pangeran noctis lucis beserta ayahnya pergi menuju kerajaan tenebrae untuk mencari obat penyembuh kesedihan yang mereka derita.

Sebagai catatan, admin sangat menyukai teladan dongeng fantasi yang satu ini alasannya alur dongeng yang menegangkan dan abjad didalamnya juga sangat unik alasannya terdapat kekuatan dan kemampuan yang sangat admin sukai yaitu teleportasi.

Puteri luna, abang laki laki dan ibunya sebagai aristokrat tenebrae menyambut kunjungan mereka dengan sangat ramah. Tanpa disadari kedatangan raja regis dan pangeran noctis juga membawa api peperangan menuju tenebrae. Dan dalam waktu sekejap mata, kerajaan tenebrae menjelma lautan api.

Ratu tenebrae tewas alasannya serangan itu untuk melindungi Ravus, pangeran dari kerajaan tenebrae itu sendiri. Bukan tanpa alasan niflheim menyerang tenebrae, hal tersebut disebabkan oleh kunjungan raja regis dan pangeran noctis. Tenebrae sangat berkabung dimasa itu, Ravus nox fleuret, sang pangeran merasa dendam pada kerajaan lucis alasannya kedatangan mereka telah menjadikan ibunya meninggal.

Baca juga: 12 Contoh Teks Cerita Fantasi Singkat Terbaru Menegangkan

Waktu telah usang berselang, untuk mempertahankan kota insomnia, raja regis membentuk tentara militer khusus yang diberi nama “kingsglaive”. Seluruh anggota glaive terdapat kekuatan sama ibarat raja regis alasannya memang sumber kekuatan mereka berasal dari cincin lucii yang digunakan oleh raja regis. cincin lucii sendiri merupakan sebuah cincin aneh yang terdapat kekuatan dan diturunkan dari generasi ke generasi. Hanya keturunan raja saja yang sanggup menggunakan kekuatan cincin ini. Dan hanya mereka yang layaklah yang bisa memanggil penjaga raksasa dan kekuatan terbesar yang bersemayam dalam cincin tersebut.

Baca Juga:   10 Pola Dongeng Fabel Singkat Dan Pendek Beserta Strukturnya

Kehebatan pasukan glaives memang tak diragukan lagi, hal ini telah mereka buktikan pada pertarungan di tembok perbatasan sebelah timur kerajaan lucis. Dengan menggunakan kekuatan listrik, api, dan kekuatan magis lain dikombinasikan dengan kemampuan untuk teleportasi beserta menghilang pasukan glaives berhasil mendesak nifleheim di garis depan. Namun pada alhasil pasukan glaives tetap kalah alasannya Nifleheim melepaskan seekor monster raksasa yang dijuluki “the deamon” yang berukuran ratusan kaki dan dengan sekejap sanggup meluluh lantahkan medan pertempuran.

Contoh dongeng fantasi (final fantasy)

12 tahun berlangsung, raja regis berniat untuk menikahkan puteranya yaitu pangeran noctis yang ketika ini telah berusia 20 tahun dengan puteri kerajaan tenebrae yaitu putri lunafreya nox fleuret yang dijuluki “putri yang seharusnya menjadi mempelai yang dicintai”. Tanpa diduga Niflheim mengirimkan konselornya untuk bernegosiasi biar tak bisa tidur mengalah dengan dalih mengadakan perjanjian damai. Raja regis yang tak terdapat pilihan alasannya niflheim mengancam nyawa dan keselamatan kesepakatan nikah noctis dan luna maka menyetujui proposal tersebut.

Keputusan ini membuat pasukan glaives dibubarkan begitu saja. Merasa dikeceawakan oleh rajanya, alhasil kaya pasukan glaives yang menjelma pemberontak dan merencanakan perebutan kekuasaan untuk menjatuhkan raja regis dan mendapatkan kebebasan demi kampung halaman mereka. Kudeta demi perebutan kekuasaan telah dilakukan.

Pertarungan antar glaives pun mulai terjadi dan hanya menyisakan satu orang glaives yaitu Nyx ulric yang dijuluki sebagai jagoan sekaligus glaives terbaik oleh sobat temannya. Nyx ulric yang diberikan amanat oleh raja regis sebelum meninggal untuk menjaga puteri lunafreya dan cincin lucii yang dibawanya harus menghadapi rintangan dan musuh yang cukup berpengaruh yaitu jenderal glauca yang memimpin pasukan niflheim dalam penyerangan Insomnia.

Dalam bisnisnya untuk melarikan diri keluar dari insomnia, Nyx dan Lunafreya sempat tertangkap oleh jenderal glauca yang ternyata merupakan kapten pasukan glaives yaitu kapten drautos. Merasa sudah terpojok dan frustasi akhir dua luka tembak yang diterima Nyx sebelumnya maka Nyx mencoba menggunakan cincin lucii yang dibawa oleh putri lunafreya.

Dalam keadaan sekarat, Nyx ulric memanggil arwah raja raja lucis terdahulu. Untuk mendapatkan kekuatan cincin lucii maka Nyx harus terdapat jiwa rela berkorban untuk masa depan. Karena sejatinya cincin tersebut ada untuk melindungi masa depan. Tawaran yang diberikan oleh raja raja masa kemudian sangatlah sulit, untuk menggunakan kekuatan cincin tersebut harus dibayar dengan nyawa Nyx sendiri.

Merasa bahwa masa depan merupakan sesuatu yang utama bagi Nyx alhasil ia mendapatkan proposal tersebut. Nyx yang berhasil mendapatkan kekuatan cincin lucii dan mengorbankan nyawanya sesudah fajar menyingsing alhasil memanggil tembok legenda berupa 6 patung raksasa yang kemudian menjadi hidup dan membantu Nyx bertarung melawan pasukan niflheim.

Cobalah untuk masuk kedalam alur dan suasa dari teladan dongeng fantasi ini untuk mendapatkan unsur unsur hingga kemudian struktur teksnya. Jika kita perhatikan alur cerit hingga kemudian penokohan dalam dongeng fiksi ini sangat unik alasannya setiap abjad terdapat kekuatan tersendiri.

Pertarungan terus berlangsung hingga kemudian akhienya Nyx berhadapan dengan Jenderal Glauca sendiri. Nix terpaksa melawan kapten glaives yang menjadi jahat itu. Dalam sedikit hari ini mereka bercakap cakap. Akhirnya pertempuran tersebut berhasil terselesaikan dengan tewasnya Jenderal Glauca. Namun dilain sisi Nyx Ulric juga tewas alasannya disaat Nyx membuat perjanjian dengan raja Lucis terdahulu ia setuju untuk menukar nyawanya dengan kekuatan luar biasa yang berasal dari cincin Lucii.

Baca Juga:   Pengertian Kalimat Sumbang (Tidak Padu) Beserta Pola Lengkap

Akhirnya, dengan kekuatan terakhirnya Nyx pun membangkitkan “The old wall” (tembok tertua) yang berisikan jiwa jiwa dan semangat dari raja terdahulu. The old wall yang berbentuk patung raksasa bersenjatakan pedang, kapak, hingga kemudian shuriken tersebut membinasakan kapal perang niflheim dengan sangat mudah. Namun upaya mempertahankan lucis harus terhenti alasannya makhluk raksasa berjulukan Demon sudah dilepaskan oleh pihak Niflheim.

Demon VS the old wall, Nyx VS Jenderal Glauca. Pertempuran dua kubu tersebut berjalan sengit hingga kemudian alhasil mendekati fajar. Nyx yang teringat akan perjanjiannya (menukar nyawa dengan batas hingga kemudian fajar) ingin segera mengakhiri pertempuran sebelum dirinya mati. Akhirnya Nyx yang memikul beban keselamatan dunia berhasil membunuh jenderal glauca dengan menancapkan pisau di dadanya dan berkata “King Regis melaksanakan apa yang seharusnya ia lakukan untuk masa depan”.

Dan ia menterangkan bekerjsama ia (Nyx) tak hanya bertarung untuk menyelamatkan lucis saja, namun ia juga bertarung untuk keselamatan dunia alasannya apabila niflheim mendapatkan cincin lucii maka dunia akan hancur. Namun adminngnya kota yang menjadi benteng dunia yang terakhir harus tumbang alasannya keganasan Demon yang dilepas oleh Niflheim.

Setelah mengalahkan general glauca, Nyx pun berbaring menatap langit fajar sambil berkata “memimpinlah dengan bijak, raja muda”. Kata katanya tersebut ditujukan pada noctis lucis caelum yang merupakan pewaris sah dari King regis. Setelah terbitnya fajar, alhasil Nyx menghembuskan nafas terakhirnya dan tubuhnya perlahan terbakar menjelma debu yang terbang ditiup angin.

Menyedihkan bukan teladan dongeng fantasi singkat diatas? Contoh dongeng fiksi tersebut diilhami dari sebuah game yang berjulukan final fantasy. Jika anda merupakan penikmat game tentunya anda akan tau betapa menegangkannya game legendaris ini.

Masih terdapat bermacam dongeng bersifat fantasi yang sebenarnya ingin admin sampaikan namun belum sempat admin tulis. Namun, itulah sedikit teladan dongeng fantasi singkat menegangkan beserta strukturnya yang sanggup admin sampaikan dalam artikel kali ini. Pada dasarnya untuk menemukan dongeng fiksi taklah sulit alasannya dongeng fantasi ini beredar luas di bermacam media.